Image Batu
Bukit Batu Katingan Jl. Tjilik Riwut (50 Km dari Kota Palangka Raya)
Bagi warga Kota Palangka Raya atau warga Kalimantan Tengah, siapa yang tidak tau Bukit Batu atau legenda tentang Bukit Batu.

Ya. Disini lah tempat bertapanya Datuk Tjilik Riwut, seorang Gubernur Pertama Kalimantan Tengah. Merupakan pahlawan bagi Suku Dayak. Nah, Bukit Batu ini dikenal sebagai tempat yang mistis. Dulu sekali, banyak legenda yang menceritakan tentang tempat bersejarah Kalimantan Tengah ini.

Untuk yang mau tau salah satu tempat wisata yang terkenal di Kalimantan Tengah, maka inilah dia. Kalian bisa kesini dengan naik kendaraan pribadi dengan mengemudi lurus saja sejauh 50 Km dari arah Kota Palangka Raya/ Jalan Tjilik Riwut Km. 0.

Disini sangat terkenal lo, terdapat berbagai macam batu yang memiliki khasiat masing-masing jika berhasil menaikinya. Dan pula terdapat lorong yang sangat sempit, namun ada suatu ruangan didalamnya untuk tempat pertapaan tersebut. Nah, konon, jika berhasil memasuki lorong sempit ini, tak peduli dengan ukuran badan yang memasukinya, maka hidupnya akan bahagia dan keinginannya akan tercapai. Penasaran? Baca lebih lanjut sejarahnya DISINI

Image Tiang
Tiang Bukit Batu Katingan
Foto diatas merupakan gambaran pemandangan yang akan kalian saksikan atau dapatkan sebelum memasuki area batu-batuan bersejarah di Bukit Batu. Lihat? Masih asri bukan? Disini juga bisa dipakai untuk piknik dan bersantai untuk keluarga loh. Tapi ingat! Jangan dipakai mesum. Ini tempat sakral.

Image Pemandangan
Pemandangan Sekitar Bukit Batu
Foto diatas merupakan pemandangan yang akan kalian dapatkan ketika sudah memasuki area bebatuan. Mungkin bagi yang tidak tertarik dengan sejarah akan menganggap tempat ini biasa saja. Tapi, bagi orang yang suka hal-hal yang berbau sejarah, tempat ini sangat cocok. Di setiap batu pun terdapat penjelasan khasiat menaiki batunya masing-masing.

Image Pohon
Pemandangan Sekitar Bukit Batu, Kalimantan yang Hijau
Yap, beginilah Kalimantan. Tapi ingat! Kalimantan bukan hutan semua! Namun masih asri, hijau dan segar.

Image Villa
Rumah Besar di Sekitar Bukit Batu
Foto ini adalah gambaran pemandangan yang pastinya akan kalian lihat ketika sudah berada di area bebatuan di dekat tempat pertapaan Tjilik Riwut. Itu adalah rumah besar, seperti yang kalian lihat. Entahlah, saya pun tidak tahu apakah itu merupakan rumah penginapan bagi pengunjung ataukah villa milik pribadi. Ataukah itu rumah bersama milik penduduk sekitar Bukit Batu. Kalau kalian tau, bagilah ilmu kalian pada saya ya. #hehe

Jika banyak hal yang salah dan kurang berkenan mohon maaf, saya disini hanya ingin berbagi karya foto saya dan bercerita sedikit tentangnya. Saya tidak ingin so tau. Kalau salah, tolong benarkan saya. Terima Kasih