Kota Cantik Palangka Raya. Begitulah nama ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Sebuah kota yang resmi dibangun pada tahun 1957 dari hutan belantara. Kota Palangka Raya ini memiliki luas wilayah sebesar 2.400 km². Selengkapnya bisa dibaca di SINI

Saya sudah tinggal dan besar di Palangka Raya sejak tahun 1998-2014 atau kurang lebih 15 tahun lamanya. Namun, hingga saat ini Palangka Raya masih saja belum dikenal oleh masyarakat umum di Indonesia. Padahal disini Palangka Raya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itulah disini saya akan berbagi kepada Indonesia, bagaimana suasana Kota Cantik Palangka Raya ini, walaupun hanya dari sebagian kecilnya saja.

1. Bundaran Kecil Palangka Raya
Image Bundaran
Bundaran Kecil Palangka Raya - ajephotograph
Kota Palangka Raya lumayan dikenal sebagai kota yang memiliki banyak bundaran dan bundarannya pun dikenal dengan besarnya. Bundaran Kecil ini merupakan salah satu dari 3 inti bundaran yang menyatukan pembangunan di Kota Palangka Raya. Namun, fungsi bundaran sebagai tempat berkumpulnya orang-orang masih menjadi milik Bundaran Besar saja. Sedangkan Bundaran Kecil dan Bundaran Burung masih jarang terlihat ramai dengan warga yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan kota Palangka Raya ini.

2. Taman Kota Palangka Raya
Image Patung
Patung Taman Kota Palangka Raya - ajephotograph
Tak jauh dari Bundaran Kecil, kita akan bisa melihat patung ini. Patung ini terdapat di salah satu tempat nongkrongnya warga kota Palangka Raya, yaitu Taman Kota Palangka Raya.

Image Taman
Taman Kota Palangka Raya - ajephotograph
Tempat ini cukup diminati sebagai tempat yang nyaman untuk tongkrongan anak muda Palangka Raya. Pada malam hari akan terlihat lebih berwarna dan indah loh. Dulu, sebelum dilarang, banyak sekali pedagang yang berdagang disini, untuk meramaikan taman kota. Tapi sekarang sudah tidak lagi, untuk alasan penertiban kota mungkin.

Image Monumen
Tugu Soekarno Palangka Raya - ajephotograph
Konon, ini merupakan tempat peletakan batu pertama pembangunan kota Palangka Raya. Disini terdapat tanda tangan langsung dari Ir. Soekarno, bapak Presiden Pertama Republik Indonesia, sebagai saksi pembangunan Kota Palangka Raya. Tugu-tugu ini punya makna loh. Penasaran? silahkan cari sendiri di gugel, banyak kok penjelasan maknanya. Oh ya, disini yang menjadi backgroundnya adalah gedung DPRD Kalimantan Tengah loh, penasaran dan mau ngelihat secara langsung? Recommended banget untuk mengunjungi Kota Cantik Palangka Raya dan menuju ke Tugu Soekarno ini. Yuk, tunggu apa lagi!

3. Jalan Tjilik Riwut
Image Jalan
Jalan Tjilik Riwut Km. 0 dengan background Bundaran Besar - ajephotograph
Jalan Tjilik Riwut merupakan Jalan Raya di Kota Palangka Raya, dimulai dari Bundaran Besar atau Palma, yaitu Jalan Tjilik Riwut Km. 0 - Kabupaten Sampit (241 Km.). Selengkapnya di SINI

Sedangkan background yang diabadikan dalam foto diatas adalah Bundaran Besar, yaitu tempat berkumpulnya warga Kota Palangka Raya apabila ada acara-acara besar, seperti acara jalan sehat, car free day dan jogging setiap hari minggu, juga menjadi tempat pelaksanaan pusat peringatan tahun baru masehi setiap tahunnya yang dimeriahkan oleh kembang api. 

Image Jalan
Jalan Tjilik Riwut Km. 0 - ajephotograph
Jalan Tjilik Riwut sampai sekarang masih terus melakukan pelebaran jalan. Sekitar Jl. Tjilik Riwut km. 2 keatas kalian bisa menikmati suasana jalan raya yang cukup besar, tapi ingat jangan sampai menyebabkan kecelakaan. Jalan Tjilik Riwut juga menjadi jalan yang rawan/ sering terjadi kecelakaan, karena di jalan ini banyak kendaraan-kendaraan besar yang melintas dan dalam kecepatan yang sangat kencang.

Image Jalan
Jalan Tjilik Riwut Km. 4 diambil dari arah menuju Bundaran Besar - ajephotograph
Image Jalan
Jalan Tjilik Riwut Km. 4 menuju ke arah Bundaran Besar - ajephotograph
4. Sungai Kahayan
Image Sungai
Sungai Kahayan dari RM. Kampung Lauk - ajephotograph
Sungai kahayan merupakan sungai yang memotong kota Palangka Raya. Disini saya mengabadikan foto dari RM. Kampung Lauk yang berada di Pahandut Seberang (Melintasi Jembatan Kahayan). Untuk yang ingin berkunjung ke Palangka Raya, rumah makan ini sangat direkomendasikan, karena selain bisa menikmati hidangan ikan sungai, kita bisa menikmati pemandangan sungai kahayan yang terkadang kita bisa menyaksikan warga kota Palangka Raya yang menyusuri sungai menggunakan perahu kecil atau yang disebut dengan kelotok.

Kategori terkait : Kota, Wisata, Foto, Foto Kota, Foto tempat wisata, ShotCrop, ajephotograph, Kota Cantik Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Palangka Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kalimantan, Indonesia, Republik Indonesia